ALASAN MENGAPA BARANG-BARANG DARI CHINA HARGANYA MURAH, CASE HANDPHONE BISA 5.000!!!

Perekonomian negara China memang sudah di akui oleh oleh dunia karena menjadi perekonomian yang kuat. Karena China sendiri sebagai negara yang mengekspor barang ke seluruh belahan dunia, mulai dari barang baku atau bahan mentah hingga bahan jadi.

Yang menjadi pertanyaan adalah mengapa barang yang berasal dari China harganya selalu murah? Padahal negara tersebut sudah menguasai dunia.

Apalagi ketika kamu membeli barang-barang di e-commerce aduh murahnya sih kebangetan. Selain itu juga market place yang ada di Indonesia memang rata-rata menjual barang luar negeri.

Rahasia Di Balik Produk Impor China

Lantas apa yang menyebabkan barang-barang dari China itu murah? Dan mengapa negara lain tidak mengikuti seperti itu?

Inilah beberapa penyebab mengapa China selalu menetapkan harga harga murah untuk barang yang mereka ekspor

1.Monopoli

Kebanyakan pekerja di China bahkan mungkin keseluruhan pekerja di China merupakan naungan dari serikat pekerja China yang dibuat ileh pemerintah. Serikat yang ada di China ini disebut dengan All China Federation of Trade Unions.

Kehadiran serikat pekerja ini akan menimbulkan persaingan yang ga sehar di dunia binis dan malah membuat pekerja-pekerja tersebut kehilangan hak mereka karena adanya tekanan dari pihak perusahaan yang lebih di utamakan dari ACFTU.

Pemerintah pun tetap mempertankan serikat pekerja ini walaupun sudah banyak demonstrasi yang dilakukan oleh pekerja di China.

2.Asuransi bagi pekerja tidak ada

Perusahaan yang ada di China termasuk kepada perusahaan yang kejam, ya walaupun ga semua perusahaan tapi banyak perusahaan yang ga ngasih hak-hak pekerja dengan seharusnya.

Salah satunya mereka ga punya hak atas asuransi diri. Padahal mereka dibayarnya sangat murah, tetapi tidak mendapatkan perlindungan dalam bekerja.

Menurut perusahaan, dengan memberinya asuransi bagi pegawai akan menjadi beban perusahaan dan padahal banyak pekerja yang mempunyai resiko tinggi terhadap pekerjaannya.

3.Biaya pekerja yang murah

China merupakan negara yang memiliki jumlah penduduk terbesar di dunia, makanya ga heran pasti selalu ada sumber daya manusia yang rela melakukan apapun demi dapat kerja.

Mereka pun ga peduli seberapa bayarannya, yang anehnya lagi mereka tetap menerima saja ketika dibayar dengna tidak layak. Banyak masyarakatnya yang miskin dikarenakan rendahnya gaji yang diberikan.

4.Pajak

Pajak menjadi salah satu faktor mengapa barang-barang di China sangat murah, ini dikarenakan adanya tarif pajak penambah nilai atau Value Added Tax (VAT).

Jadi setiap perusahaan China melakukan ekspor barangnya keluar negeri, pasti akan mendapatkan pajak tersebut.

Misalanya seperti Infonesia mengimpor barang dari China, maka Indonesia haru membayar VAT.

Tetapi jika Indonesia tidak memiliki VAT untuk membebankan impor China. Nah pengembalian pajak ini biasanya sering di lakukan oleh pemerintah China.

5.Peniru

Ga aneh lagi jika banyak yang mengatakan bahwa ‘barang KW China’ ya itu memang benar karena China  merupakan negara peniru di dunia.

Biasanya mereka meniru dan membuat produk yang benar-benar sama dengan produk-produk ternama, namun mereka merubahnya namanya sesuai dengan keinginan.

Menurut mereka, dengan mereka menjiplak suatu brand atau produk alan, akan mengurangi biaya research and development. Selain itu biaya akan menjadi lebih murah.

6.Kebijakan pemerintah

Kebijakan pemerintah ini akan berpihak kepada perusahaan China dan akan merugikan kepada perusahaan baru.

Karena jika ada perusahaan luar yang ini memasukan produknya ke China, dalam operasinya harus melibatkan pekerja China, ga hanya itu juga pekerja-pekerja asal China ini harus mempunya posisi yang paling berpengaruh dan penting di perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *